Hydrometer Alat Pengukur Untuk Kadar Berat Jenis Keasaman

Hydrometer Sebagai Alat Ukur Kadar Berat Jenis Keasaman Khususnya Untuk Air Aki

hydrometer untuk alat ukur berat jenis asam

Saat mempelajari sesuatu, anak sekolah pasti membutuhkan alat bantu yang bisa mempermudah mereka. Misalnya penggunaan dan pengertian hydrometer untuk membantu siswa mengetahui kadar asam air. Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), beragam teori yang dijelaskan akan lebih mudah dipahami siswa dengan melakukan praktek secara langsung. Dengan hydrometer, siswa dapat mencai tahu besarnya kadar asam yang ada dalam air. Alat ini memang digunakan untuk mengukur berat jenis dari cairan yang ada di dalam air. Sekarang ini hampir semua sekolah yang mengajarkan pelajaran IPA atau science menyediakan alat – alat bantu seperti hydrometer ini. Tidak hanya bermanfaat untuk membantu para siswa memahmi pelajaran, masih banyak fungsi alat ini untuk menunjang pekerjaan beberapa profesi. Karena mampu mengukur massa jenis cairan di dalam air, peralatan ini juga bisa digunakan untuk memeriksa air aki. Para penjual dan pengguna aki akan bisa menggunakan hydrometer untuk mengetahui kondisi air aki apakah masih baik atau perlu diganti. Saat ini sudah tidak banyak toko peralatan yang menjual alat ini dengan harga yang beragam. Bentuknya yang ringkas dan sederhana membuatnya bisa dibawa kemanapun dengan nyaman. Melihat kebutuhan saat ini, hydrometer telah banyak dibuat khusus untuk mengukur density dari zat – zat tertentu di dalam air. Secara umum, prinsip kerja dari alat khusus itu sama dengan mengukur density biasa. Yang membedakannya adalah pada pengukur khusus ini, skala berat jenis yang ada suda dikonversikan secara langsung menjadi skala kadar zat tersebut. Bantuan dari hydrometer yang khusus ini akan mempercepat dan mempermudah anda mengetahui berat jenis dari zat yang anda cari. Alat ini juga biasa digunakan pada industry. Cotohnya saat peneliti pabrik ingin membuat produk baru dengan mengukur berat jenis zat yang paling sesuai untuk produknya, hydrometer menjadi alat yang akan sangat membantu. Mereka akan bisa mengetahui campuran yang paling tepat dengan kadar yang sesuai pula. Dari semua kegunaan alat ini, fungsinya sebagai pemeriksa kadar asam air dalam aki atau baterai menjadikan hydrometer banyak dicari. Para pengusaha aki selalu mengecek kualitas aki mereka dengan menggunakan alat pengukur ini. Selain pengusaha, pemilik mobil atau kendaraan yang menggunakan aki juga bisa memanfaatkan kemampuan hydrometer untuk mengecek kondisi aki kendaraan mereka. Kondisi aki yang baik akanmembuat kinerja mesin menjadi baik juga. Sudah banyak orang yang menggunakan peralatan yang berguna ini untuk membantu kegiatan mereka. Anda mungkin juga membutuhkan hydrometer untuk menunjang aktifitas anda.

Ragam Fungsi Hydrometer Untuk Pengusaha Aki

Karena kemampuan hydrometer mengukur asam airKarena kemampuan hydrometer mengukur asam air, para pengusaha aki selalu menggunakan alat ini. Beberapa pengguna kendaraan biasanya akan mendatangi toko aki karena aki mereka bermasalah. Untuk anda yang memiliki toko aki, pengetahuan tentang cara menggunakan hydrometer menjadi hal yang sangat dasar. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan melihat lampu indikator dari aki kendaraan tersebut. Jika lampu menunjukkan warna hijau, berarti kondisi aki umumnya masih baik. Sebaliknya jika lampu menunjukkan warna putih maka pengecekan yang lebih lanjut akandiperlukan. Dengan hydrometer, ukurlah kadar asam air aki tersebut. Dengan memastikan kulitas air aki, penanganan yang lebih lanjut akan bisa dilakukan. Lihat apakah masih baik dan memenuhi standar atau sudah berkurang. Pengecekan kadar asam air dalam aki inilah fungsi pertama yang membuat hydrometer digunakan oleh toko aki. Menggunakan pengukur yang modern akan mempermudah proses pengukuran. Misalkan fungsi alat ini ada pada angka 100% makan bisa dikatakan bahwa tidak terjadi masalah pada kadar asam air dalam aki. Ini akan membuat kita bisa melanjutkan pemeriksaan dengan melihat kondisi dynamo cas kendaraan itu. Ini dilakukan melalui dynamo starter sehingga diketahui apakah bermasalah atau tidak. Selanjutnya, jika level hydrometer menunjukkan angka 50%, kita akan bisa menyimpulkan bahwa kadar asam air aki masih termasuk dalam keadaan baik. Ini menjelaskan bahwa mungkin permasalahan terjadi pada fungsi sel aki yang mungkin mulai melemah akibat termakan usia. Fungsi hydrometeryang selanjutnya adalah mampu melihat kejernihan air aki. Umumnya, jika aki di cas terlalu berlebihan akan menimbulkan kerontokan. Kerontokan ini dapat dilihat dengan menggunakan hydrometer ini juga. Ini akan terlihat saat air yang ada pada tabung pengukur terlihat keruh dan kehitam – hitaman. Kegunaan pengukur yang selanjutnya ini memang sangat menguntungkan untuk orang – orang yang berkecimpung di bidang aki. Adanya hydrometerakan sangat bermanfaat. Air aki yang ada akan sangat berpengaruh dengan kualitas dan performa aki tersebut. Itulah yang membuat pengguna aki harus memastikan kadar asam air aki ada pada level yang baik dengan menggunakan hydrometer. Para pengusaha aki juga akan terbantu saat menjelaskan tentang kondisi aki yang sebenarnya kepada para pelanggannya dan juga orang awam lain yang tidak mengetahui tentang masalah aki. Anda akan bisa menjelaskan dengan yakin tentang keadaan aki dengan bantuan hydrometer ini.

Langkah – Langkah Dalam Memeriksa Air Aki

membuat hydrometer mampu bekerja dengan tepatKegunaan hydrometer memang sudah diketahui oleh banyak orang terutama mereka yang bergulat di bidang industry aki. Setelah mengetahui beragam fungsi hydrometer untuk memeriksa aki, anda juga harus mengetahui langkah – langkah yang tepat untuk memeriksa aki dengan tepat dan benar. Langkah pertama adalah dengan melepaskan aki dari kendaraan. Langkah yang benar ini juga akan bisa membuat hydrometer mampu bekerja dengan tepat. Anda harus melepas kabel negative terlebih dahulu dan jangan sampai salah. Ledakan akibat konsleting mungkin terjadi jika anda salah. Setelah itu lepaskan semua sumbat aki lalu masukkan thermometer dan diamkan selama 2 menit. Selanjutnya masukkan hydrometer lalu pompa hingga pemberat didalamnya terangkat. Langkah selanjutnya, bacalah hasil pengukuran dari alat pengukur itu. Namun selama membaca jangan angkat hydrometer dari dalam aki. Ini semua karena air aki dapat menetes dan membahayakan benda disekitarnya. Kulit anda juga dapat bermasalah jika terkena air aki. Untuk membaca hasil pengukuran hydrometer, lihatlah angka yang ada pada pemberat yang sejajar dengan pemukaan air aki pada alat itu. Catat hasil pengukuran ini di kertas. Lalu lakukan pemeriksaan yang sama pada lubang aki yang lainnya dan catatlah semuanya. Langkah terakhir adalah penghitungan. Hitunglah hasil pengukuran hydrometer dan thermometer dengan rumus yang sudah ditentukan. Hasil dari penghitungan ini akan memudahkan anda menentukan langkah selanjutnya untuk menangani aki tersebut. Jika hasil perhitungan hydrometer menunjukkan angka 1.280 atau lebih, anda dapat menambahkan air suling yang akan mengurangi berat jenis. Untuk hasil 1.220-1.270, anda tidak perlu melakukan tindakan apapun. Pada hasil 1.210 atau kurang, anda harus melakukan charger penuh lalu ukur kembali berat jenisnya dengan hydrometer. Jika berat jenisya masih diawah 1.201, gantilah aki anda. Dengan menggunakan peralatan yang cukup modern dan tepat, kegiatan anda mengecek kualitas akiakan menjadi lebih mudah. Ditemukannya hydrometer juga menjadi pembantu yang sangat memudahkan. Harga Hydrometer pun sangat murah untuk lebih jelasnya silahkan klik Jual Hydrometer


Comments are closed.