Pengertian Hidrometer Menurut Ahli

Pengertian Hidrometer dan Cara Menggunakannya

pengertian hydrometer menurut ahliPengertian hidrometer sebenarnya tidak lain dari sebuah alat untuk mengukur berat jenis yang terdapat dalam larutan air. Gampangnya, air yang dicampur dengan gula bisa melarut menjadi satu dan tentunya berat jenisnya akan berbeda dengan air tanpa dicampur dengan larutan apapun. Banyak yang membuat pengertian hidrometer dalam bahasa ilmiah, namun jarang yang mengartikannya untuk hidup sehari-hari.

Dimana bisa kita gunakan pengertian hidrometer ini dalam kehidupan kita sehari-hari? Contohnya saja air yang ada di dalam aki kendraan kita sehari-hari tanpa tingkat keasaman yang cukup maka aki kendaraan tidak akan bisa digunakan dengan baik, saat aki kendaraan soak kebanyakan pemilik akan langsung menyimpulkan ganti aki, padahal dari pengalaman saya sendiri, 50% dari aki yang bermasalah masih dapat tertolong dengan cara kontrol tingkat keasamannya. Bagaimana cara kontrolnya? Mengontrol keasaman air aki dengan menggunakan alat ukur hidrometer.

Pengertian hidrometer banyak macamnya, tergantung dari fungsi alat ukur tersebut mau untuk ukur berat jenis apa, ada yang satu alat ukur hidrometer untuk mengukur berbagai berat jenis yag hasilnya kemudian harus kita kalkulasikan dengan hukum archimedes, ada yang memang alat ukur hidrometer tersebut sudah di desain untuk mengukur salah satu macam berat jenis saja, alat ukur hydrometer yang hanya untuk mengukur tu macam berat jenis saja disebut densimeter, namun karena banyak sekali macam densimeter maka orang tidak mau pusing menyebutnya sebagai hidrometer.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian hidrometer lebih baik langsung kita pelajari lebih dalam, silahkan klik Hidrometer Adalah.


Comments are closed.